Alur Pendaftaran KKN

Alur Pendaftaran KKN

: Kamis, 15 Juni 2023 : 3.646 views

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu program yang wajib diikuti oleh mahasiswa di Indonesia sebagai bagian dari kurikulum perkuliahan. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berkontribusi pada masyarakat dan lingkungan sekitar. Namun, untuk bisa mengikuti program KKN, mahasiswa harus mengikuti alur pendaftaran yang telah ditentukan. Alur pendaftaran ini biasanya dimulai dengan tahap pemberian informasi mengenai program KKN, seperti waktu pelaksanaan, lokasi, dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. 

 

Baca juga 📖

Cara ubah password

Cara mengisi laporan harian

 

Berikut adalah alur pendaftaran KKN Terpadu (Reguler) di Universitas Muhammadiyah Tangerang.

  1. Pembayaran

Langkah pertama untuk mendaftar KKN di Universitas Muhammadiyah Tangerang adalah melakukan pembayaran di Biro Keuangan yang berada di lantai 2 dekat masjid UMT.

  1. Verifikasi

Setelah melakukan pembayaran di Biro Keuangan UMT, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi pembayaran melalui link https://kkn.umt.ac.id/verifikasi dan ikuti langkah-langkah pada link tersebut.

Jika verifikasi telah berhasil maka mahasiswa dapat login ke sistem KKN dengan menggunakan NIM sebagai username dan password.

  1. Lengkapi Biodata

Setelah selesai melakukan verifikasi pembayaran, langkah selanjutnya adalah melengkapi biodata dengan lengkap dan memastikan penulisan Nama, Fakultas, Program Studi, dan alamat diisi dengan benar. Hal ini penting karena sebagai syarat pemilihan lokasi KKN.

Cara melengkapi biodata dengan benar
  1. Pilih lokasi KKN

Setelah melengkapi biodata, langkah selanjutnya adalah memilih lokasi KKN berdasarkan daerah yang tersedia pada website yang disediakan oleh universitas. Untuk memilih lokasi KKN, mahasiswa pilih menu Daftar kelompok pada sidebar (pojok kiri atas), lalu pilih kategori KKN yang ingin diikuti. Maka akan muncul daftar kelompok dan mahasiswa bisa mencari dan memilih lokasi KKN yang cocok. Setelah itu lihat detail kelompok dan klik Join kelompok.

Cara memilih kelompok KKN

Mahasiswa dapat pindah kelompok selama kuota masih tersedia. Kuota ini berdasarkan fakultas masing-masing dan dapat berubah-ubah setiap tahun.

Berikut rincian kuota tiap kelompok tahun 2024

Fakultas

Kuota

FAI1
FEB6
FH1
FISIP2
FKIP3
FIKES1
FPIK1
FT5

Total

20

  1. Pembekalan

Setelah selesai melakukan pemilihan lokasi KKN dan kelompok, langkah selanjutnya adalah menunggu informasi terkait pembekalan dan pelaksanaan KKN yang akan diberikan oleh universitas. Informasi ini biasanya meliputi jadwal pembekalan, materi yang akan diberikan, dan persiapan yang harus dilakukan oleh mahasiswa untuk menghadapi program KKN. Mahasiswa juga akan diberikan informasi mengenai jadwal pelaksanaan KKN, seperti waktu dan tempat pelaksanaan, serta hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ke lokasi KKN. Mahasiswa diharapkan untuk memperhatikan informasi yang disediakan oleh universitas secara seksama dan mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti program KKN.

 

Selamat menjalani program KKN, semoga pengalaman yang didapat selama program ini dapat menjadi bekal berharga bagi kehidupan dan karir di masa depan. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan diri serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Selalu jaga kesehatan dan keselamatan selama pelaksanaan program KKN, serta jangan lupa untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk memperluas jaringan dan membangun relasi yang baik dengan masyarakat setempat. 

 

Semoga sukses selalu! 🔥🔥🔥