Cara Mengisi Laporan Harian

Cara Mengisi Laporan Harian

: Kamis, 15 Juni 2023 : 3.188 views

Laporan harian memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Hal ini disebabkan karena nilai akhir KKN dihitung berdasarkan jumlah menit yang telah dikerjakan pada setiap kegiatan dan telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan LPPM. Oleh karena itu, laporan harian harus diisi secara akurat dan lengkap untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan selama KKN terdokumentasi dengan baik.

 

Berikut adalah langkah-langkah mengisi laporan harian.

  1. Pilih menu Laporan harian pada sidebar (pojok kiri atas)
Sidebar menu laporan harian
  1. Pilih tombol Lengkapi laporan pada hari yang tersedia
Pilih tombol lengkapi laporan pada hari yang tersedia
  1. Lengkapi form kegiatan termasuk judul kegiatan, deskripsi kegiatan, durasi kegiatan (dalam satuan menit) dan foto kegiatan.
Melengkapi form kegiatan
  1. Jika dalam satu hari kegiatan yang anda lakukan lebih dari satu, maka anda dapat klik tombol tambah kegiatan. Maka form kegiatan baru akan muncul dan isi form kegiatan seperti yang dilakukan sebelumnya. Maksimal 5 kegiatan dalam satu hari.
Menambahkan kegiatan
  1. Jika sudah lengkap anda dapat klik tombol kirim laporan, maka laporan anda akan dikirim ke Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan berstatus pending. Laporan yang telah terkirim tidak dapat diubah, kecuali direvisi oleh DPL.
Kirim laporan ke Dosen Pembimbing Lapangan
  1. [Optional] Jika laporan anda belum lengkap, anda bisa klik tombol simpan draft agar bisa diubah suatu saat. Laporan dengan status draft masih belum diterima oleh Dosen Pembimbing Lapangan.
Simpan draft laporan

 

Tips 💡
Anda bisa menyimpan laporan sebagai draft setiap setelah selesai kegiatan. Ini mencegah agar tidak lupa kegiatan apa yang telah dilakukan sebelumnya.
 

 

Jenis status laporan harian

  • Draft, Laporan masih dapat diubah dan belum terkirim ke DPL
  • Pending, Laporan diterima oleh DPL dan tidak dapat diubah
  • DPL, Laporan sudah di-approve (disetujui) oleh DPL
  • Approve, Laporan sudah di-approve oleh admin LPPM

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan laporan harian Kuliah Kerja Nyata (KKN) dapat disusun secara jelas dan terstruktur.

Thank you and have a nice day!