MINGGU KEEMPAT KKN DESA BABAKAN ASEM

MINGGU KEEMPAT KKN DESA BABAKAN ASEM

: Selasa, 29 Agustus 2023 : Desa Babakan Asem

Latar belakang kegiatan

Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Tangerang (KKN) UMT merupakan wadah untuk dapat menyumbangkan pengetahuan secara langsung kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian mahasiswa UMT dari berbagai disiplin ilmu yang telah diperoleh dari bangku kuliah. Mahasiswa sebagaielemenperguruan tinggi sekaligus generasi muda yang dibekali intelektualitas, memiliki tanggung jawab melaksanakan hal tersebut, sehingga mahasiswa dijuluki sebagai “Agent of Change”

Pada Minggu keempat bulan  Agustus 2023 KKN di Desa Babakan Asem, kami mahasiswa KKN melakukan kegiatan penjaringan kesehatan di berbagai sekolah tingkat Paud yaitu PAUD Nurul Inayah dan Paud riyadut Tholibin di dampingi oleh bidan Irma Gustianah Amd.Keb. Bidan Irma selaku bidan Desa Babakan Asem.  Pada kegiatan ini kami mahasiswa KKN melakukan pelayanan kesehatan di berbagai sekolah paud. bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik. Dengan adanya kegiatan ini di harapkan sekolah maupun orang tua agar peduli pada kesehatan anak-anak.

Pada minggu ke empat pula kami melakukan kegiatan mengajar mengaji anak anak di masjid sa'adatudarain dimulai dengan membaca iqro, hafalan surah, dan kosakata bahasa Arab. Dengan adanya kegiatan mengaji agar anak anak bisa memperoleh pendidikan yang baik  untuk menjadi muslim sejati yang taat beragama. Dengan menghafal surah di alquran anak anak juga dapat memperoleh pendidikan dan pemahaman yang baik tentang agama Islam.

Serta kami pula melakukan kegiatan sosialisasi gizi dan MPASI  yang di adakan oleh puspkesmas teluknaga di desa babakan asem dengan mengundang warga desa baik yang hamil maupun yang memiliki balita agar dateng ke desa babakan asem untuk mengikuti kegiatan sosialisasi gizi dan mpasi ini, yang disampaikan oleh bidan irma dan rekan rekann puskesmas teluknaga  dan didampingi pula oleh ibu lurah serta ibu ibu pkk lainnya. Pihak tim puskesmas teluknaga menyiapkan berbagai makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil maupun untuk balita, Agar para orang tua sadar pentingnya makanan sehat dan bergizi untuk bayi sejak dalam kandungan maupun saat sudah besar sehingga anak mereka tumbuh menjadi anak yang sehat baik jasmani maupun rohaninya.


Mengapa kegiatan tersebut perlu dilaksanakan

Kegiatan ini perlu di laksanakan agar sekolah-sekolah maupun warga di Desa Babakan Asem sadar akan pentingnya makanan bergizi untuk anak-anak , bayi dan ibu hamil. Dengan begitu anak-anak di desa Babakan asem tumbuh menjadi anak yang sehat. Karena para orangtua sudah sadar akan pentingnya makanan yang bernutrisi dan bergizi untuk anak-anak nya dan tidak menyepelekan gizi yang terkandung dalam makanan yang di konsumsi anaknya, sehingga tidak ada anak anak yang kekurangan gizi. Dan kegiatan mengaji juga di laksanakan agar anak anak menjadi muslim yang taat akan agama. Hal utama yang terpenting ketika belajar Alquran untuk anak-anak pengajian masji Sa'adatudarain yaitu memperoleh pendidikan dan pemahaman yang baik tentang agama Islam. Apabila anak mengenal Islam di usia dini, untuk waktu selanjutnya mereka akan mengisi kehidupan dengan hal-hal yang positif.  Selain itu, mempelajari Al-Qur’an juga berpengaruh pada kondisi moral anak tentang bagaimana cara bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sosial yang baik kedepannya. 


Tujuan kegiatan

1. Meningkatkan warga sekitar pentingnya makanan sehat dan bergizi 
2. Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kekurangan gizi 
3. Meningkatkan pendidikan dan pemahaman yang baik tentang agama Islam pada anak-anak 


Siapa saja yang terlibat pada kegiatan

1. Ibu- ibu PKK
2. Ibu Lurah 
3. Anak - anak KKN Desa Babakan Asem
4. Warga Sekitar
5. Ustadz/ Ustdzh
5. Anak- anak Paud 
6. Guru Paud 
7. Bidan Irma
8. Tim dari Puskesmas Teluknaga 


Apa dampak bagi masyarakat dan lingkungan


Ceritakan bagaimana kegiatan tersebut berjalan

Pada Minggu keempat bulan  Agustus 2023 KKN di Desa Babakan Asem, kami mahasiswa KKN melakukan kegiatan penjaringan kesehatan di berbagai sekolah tingkat Paud yaitu PAUD Nurul Inayah dan Paud riyadut Tholibin di dampingi oleh bidan Irma Gustianah Amd.Keb . Bidan Irma selaku bidan Desa Babakan Asem.  

Pada hari Selasa tgl 29 Agustus 2023 kami KKN Desa Babakan Asem melakukan kegiatan penjaringan kesehatan di 2 sekolah yaitu sekolah PAUD Nurul Inayah dan Paud riyadur sholihin bersama bidan Irma dan dibantu oleh guru-guru masing-masing sekolah. 

Pada tanggal 28 Agustus 2023 kami melakukan kegiatan mengajar mengaji di masjid Sa'adatudarain tempat di rt01 rw09, kegiatan mengaji di lakukan pada setiap malem Selasa sampai dengan malam Sabtu, kami membantu ustadz/Ustdzh selama 1 bulan full, disana kami mengajar iqro, hafalan surah dan kosakata bahasa Arab.  

Pada tgl 30 Agustus 2023 kami mengadakan sosialisasi gizi dan mpasi berkerjasama deng tim puskesmas teluknaga, disana kami mengundang warga sekitar untuk membawa balita dan kami juga membagikan makan sehat untuk peserta sosialisasi gizi dan mpasi.


Dokumentasi

Penjaringan Kesehatan Paud Riyadut Tholibin
Penjaringan Kesehatan Paud Nurul Inayah
kegiatan mengajar mengaji di masjid Sa'adatudarain
sosialisasi gizi dan mpasi berkerjasama deng tim puskesmas teluknaga

Penutup

Berdasarkan laporan kegiatan KKN di Desa Babakan Asem, dapat disimpulkan bahwa kegiatan KKN memiliki dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Melalui kegiatan KKN, mahasiswa dapat memberikan konstribusi nyata dalam mengatasi berbagai tantangan sosial, kesehatan dan lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat desa.
Dalam konteks penanggulangan masalah gizi dan mpasi contohnya pada sosialisasi gizi dan mpasi di desa Babakan Asem yang dapat membantu para masyarakat sekitar dalam pentingnya gizi seimbang dan kesehatan anak dini. Contohnya dalam penjaringan kesekolah-sekolah. Kegiatan KKN juga dapat membantu meningkatkan pendidikan keislaman pada masyarakat desa Babakan Asem melalui pengajian di masjid Sa'adatudarain.

Penulis

Salma Luthfiya Khairunnisa

Salma Luthfiya Khairunnisa

S1-Akuntansi