STUNTING PADA ANAK USIA DINI

STUNTING PADA ANAK USIA DINI

: Senin, 21 Agustus 2023 : Panggung Jati

Latar Belakang Kegiatan

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung di tengah-tengah masyarakat. Mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Bentuk program kerja yang dapat dilaksanakan pada KKN ini adalah pemberdayaan, pengabdian, pendidikan dan latihan. Program-program tersebut dirancang berdasarkan permasalahan dan kebutuhan masyarakat di lokasi KKN. Salah satu permasalahan di Link. Kelanggaran, Kel. Panggung Jati yaitu terkait dengan gizi pada anak usia dini. Masyarakat yang terdapat di lokasi KKN masih ada yang tidak memperhatikan gizi pada anak usia dini, masalah gizi kronis ini akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting sendiri merupaka suatu kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek dari pada teman-teman seusianya yang salah satu penyebabnya adalah tidak memerhatikan gizi ibu pada saat kehamilan.


Mengapa Kegiatan Tersebut Perlu Dilaksanakan

         Karena dengan diadakannya sosialisasi/penyuluhan ini, masyarakat bisa mencegahnya sejak dini dengan memenui gizi anak bahkan sejak dala kandungan, agar anak dapat menjalani hidup dengan normal sesuai dengan anak seusianya dan kelak menjadi generasi muda yang berkualitas.


Tujuan Kegiatan

        Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta sosialisasi tentang stunting dan penyebab gejalanya, meningkatkan pengetahuan tentang gejala-gejlanya, meningkatkan pengetahuan tentang resiko tinggi dan pengenalan tanda kelahiran pada kehamilan.


Siapa Saja Yang Terlibat Pada Kegiatan

  • Mahasiswa KKN UMT
  • Puskemas Taktakan
  • Ibu-ibu kader Link. Kelanggaran
  • Lurah Panggung Jati
  • Bhabinkamtibnas
  • Perangkat desa


Apa Dampak Bagi Masyarakat dan Lingkungan

         Dampak positif dari kegiatan sosialisasi ini ialah masyarakat sadar akan bahaya stunting dan melakukan pencegahan secara dini. Bahaya stuting bisa tersampaikan secara lebih efektif melalui posyandu maupun bidan setempat.


Ceritakan Bagaimana Kegiatan Tersebut Berjalan

         Kegiatan sosialisasi yang bertemakan stunting ini telah dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2023 di Link. Kelanggaran. Kegiatan ini bekerjasama dengn UPT puskesmas Taktakan, sasaran dari kegiatan ini adalah ibu hamil, balita sampai pada anak-anak kelas 1, 2 dan 3 Sekolah Dasar. Karena stunting dimulai saat masa kehamilan ibunya dan akan terlihat pada saat anak berusia 2 (dua) tahun. Dan pada masa-masa itulah pencegahan stunting sangat penting dilakukan untuk menghindari peningkatan penderita stunting. Berdasarkan data dari UPT Puskesmas Taktakan diketahui bahwa jumlah penderita stunting di Link. Kelanggaran tidak ada.

            Kegiatan sosialisasi stunting dilakukan melalui: Praktik tata cara cuci tangan yang baik dan benar, melakukan pemeriksaan pada anak dan ibu hamil, pengenalan jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil serta mengajarkan kepada anak-anak dan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan hal-hal lain yang menjadi penyebab terjadinya stunting itu sendiri. Untuk kegiatan pemberian makanan tambahan, difokuskan pada jenis makanan dengan kandungan kalsium dan protein yang cukup tinggi seperti: susu, ikan-ikanan, sayur-sayuran, daging-dagingan serta vitamin. Sedangkan kegiatan Kontrolling (Pengawasan) dilakukan melalui: Posyandu-posyandu, pengukuran berat dan tinggi badan anak-anak, pengamatan terhadap sikap dan perilaku, serta respon terhadap materi yang disampaikan oleh Guru di kelas. 

            Program ini berjalan dengan lancar walaupun terdapat sedikit kendala seperti kurangnya antusiasme masyarakat pada awal kegiatan dan anak-anak yang sulit mengikuti kegiatan, sehingga sedikit menghambat kegiatan. Akan tetapi, hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang baik dengan kelompok masyarakat dan semua pihak.


Dokumentasi

 

Penutup

          Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui kegiatan langsung di tengah-tengah masyarakat. Mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Sasaran program kerja pada KKN ini adalah mengembangkan kompetensi dalam memberdayakan masyarakat melalui pemilihan program-program yang telah dilaksanakan demi peningkatan kualitas hidup berdasarkan kebutuan di masyarakat salah satunya dengan sosialisasi yang bertemakan stunting. Semoga setelah diadakannya KKN di desa tersebut, program kerja yan telah kami salurkan kepada masyarakat dapat bermanfaat secara terus menerus.

Penulis

Apriansyah

Apriansyah

S1-Ilmu Hukum